Meta Merilis Prototip Sarung Tangan “Haptic” untuk Merasakan Sensasi Virtual
Berita Baru, Amerika Serikat – Perusahaan Meta (sebelumnya Facebook) telah meluncurkan prototipe sarung tangan teknologi haptic yang memungkinkan pengguna merasakan objek dalam realitas virtual (VR).
Dilansir dari Dailymail.co.uk, Inovasi sarung tangan, diresmikan oleh Meta Reality Labs, dilapisi dengan serangkaian kantong udara kecil yang disebut aktuator di sepanjang telapak tangan dan jari yang mengembang untuk menciptakan “rasa sentuhan”.
Mengkomersilkan sarung tangan haptic adalah bagian dari ambisi Meta untuk berubah menjadi ‘metaverse’, sebagai ruang bersama virtual kolektif yang menampilkan avatar orang sungguhan.
Pekerjaan pengembangan sarung tangan masih berlangsung, tetapi setelah disesuaikan dan dirilis ke pasar, ini akan memungkinkan konsumen untuk membedakan antara memegang bahan yang berbeda di metaverse, seperti pena plastik atau bola karet.
Seorang juru bicara Meta mengatakan kepada MailOnline bahwa sarung tangan itu hanya prototipe penelitian untuk saat ini dan tidak memiliki tanggal rilis.
Facebook (perusahaan, bukan produk) me-rebrand dirinya sendiri Meta pada bulan Oktober sebagai bagian dari obsesi barunya dengan metaverse.
Di masa depan, metaverse akan dapat diakses dengan headset virtual reality (VR) dan augmented reality (AR) dan kacamata pintar, dan dapat digunakan untuk pekerjaan, pendidikan, game, dan bahkan acara musik.
Sarung tangan itu kemungkinan akan menjadi salah satu dari beberapa produk fisik yang dijual Facebook selama bertahun-tahun untuk memungkinkan konsumen memasuki metaverse.
Menguraikan sarung tangan dalam posting blog, Meta Reality Labs mengatakan itu menciptakan ilusi untuk bisa merasakan kayu dari potongan puzzle, atau plastik keyboard komputer saat Anda mengetik.
“Anda dapat merasakan klik dari setiap penekanan tombol, serta tepi tombol virtual di ujung jari Anda, membuatnya semudah mengetik di keyboard fisik berukuran sempurna,” kata Meta Reality Labs.
Sarung tangan ini dilengkapi dengan teknologi haptic, yang berarti dapat menciptakan pengalaman sentuhan dengan menerapkan gaya, getaran, atau gerakan.
Tetapi getaran saja tidak cukup untuk membedakan antara berbagai macam objek yang mungkin bersentuhan dengan konsumen di metaverse.
“Untuk memberikan rasa sentuhan yang realistis, sarung tangan haptic membutuhkan ratusan aktuator (motor kecil) di seluruh tangan, bergerak bersama dengan cara yang membuat pemakainya merasa seperti sedang menyentuh objek virtual,” kata Meta.
Untuk mengontrol aktuator, Reality Labs sedang membangun “prosesor mikofluida berkecepatan tinggi” – chip mikofluida kecil di sarung tangan yang mengontrol aliran udara masuk dan keluar dari aktuator.
Untuk mengetahui kapan dan di mana memberikan sensasi yang tepat, sarung tangan ini juga dilengkapi dengan penanda yang memungkinkan kamera melacak bagaimana jari-jari bergerak di luar angkasa.
Meta masih mengerjakan sarung tangan dan ingin menggunakan tekanan dari aktuator pada kulit untuk mereproduksi berbagai sensasi “kompleks dan bernuansa” bagi pemakainya, seperti tekanan, tekstur, dan getaran.
Ini memungkinkan pemakai membedakan antara bahan apa yang terbuat dari benda virtual yang berbeda, seperti kayu, karet, dan gelatin.
Saat ini, prototipe masih lebih mengandalkan kekuatan sugestif audio dan gambar daripada produk akhir, menurut insinyur Reality Labs Katherine Healy.
“Anda bisa memelihara anjing, tetapi Anda tidak akan merasakan teksturnya,” kata Healy kepada Verge. “Anda membutuhkan aktuasi kepadatan tinggi untuk bisa benar-benar mendapatkan sensasi itu, dan sarung tangan ini tidak melakukannya.”
Produk jadi harus nirkabel saat ini ditambatkan dengan serangkaian kabel dan dirampingkan sehingga tidak terlalu berat di tangan.
Itu juga harus tersedia dalam berbagai ukuran agar sesuai dengan tangan setiap pembeli dan bahkan dapat dicuci.
“Dengan pakaian pada umumnya, kami berharap bisa dicuci,” kata Healy. “Kami ingin sekali bisa membuat sarung tangan yang bisa dicuci. Bagaimana? Kami belum tahu. Tapi itu bagian dari visi kami.”
Meta telah mengerjakan sarung tangan hampir sejak mengakuisisi startup Oculus VR pada tahun 2014 dan mengembangkan prototipe sarung tangan pertamanya satu jari dengan satu aktuator pada tahun 2015.
Perusahaan juga sedang mengerjakan produk ‘lebih ringan’ yang dibuat berdasarkan elektromiografi (EMG) – yang menggunakan sinyal saraf di lengan Anda.
Misalnya, baru-baru ini meluncurkan sensor pergelangan tangan yang dapat dikenakan yang terhubung dengan kacamata augmented reality (AR) yang memungkinkan Anda mengetik di permukaan apa pun.