Beritabaru.co Dapatkan aplikasi di Play Store

 Berita

 Network

 Partner

TV

Riset : TV Akan Punah Bersama dengan Penontonnya



Berita Baru, Prancis – Para ahli telah memperingatkan, TV siaran tradisional akan mati dengan penontonnya, peneliti mengatakan nantinya anak muda lebih memilih bentuk hiburan interaktif seperti teknologi metaverse.

Dilansir dari Dailymail.co.uk, pada 20 April, metaverse Ini adalah kumpulan dunia maya, platform game, dan bentuk media interaktif lainnya, seperti termasuk permainan digital Minecraft, Roblox, dan Platform Meta.

Frederic Cavazza, salah satu pendiri Sysk, sebuah perusahaan Prancis yang mengkhususkan diri dalam transformasi digital, mengatakan kaum muda telah berevolusi dari penonton pasif TV, menjadi pemain aktif dalam media interaktif.

“Mereka telah beralih dari layar ke smartphone,” Cavazza menjelaskan, menambahkan “saluran TV akan mati dengan pemirsa mereka,” kecuali jaringan TV dapat beradaptasi.

Metaverse is a loose collection of virtual worlds, gaming platforms and other forms of interactive media, including Minecraft, Roblox and Meta Platforms
Metaverse adalah kumpulan dunia virtual, platform game, dan bentuk media interaktif lainnya, termasuk Minecraft, Roblox, dan Platform Meta

Orang yang lebih tua cenderung lebih tertarik untuk menyiarkan televisi tradisional, dengan orang paruh baya pergi ke layanan streaming seperti Netflix dan Disney+.

Tetapi penayangan televisi jaringan di antara usia di bawah 35 tahun telah berkurang setengahnya dalam dekade terakhir, dan diperkirakan akan turun lebih jauh karena metaverse terus berkembang.

Jika mereka ingin bersaing dengan metaverse, dan platform game seperti Roblox, Fornite, dan Minecraft, penyiar perlu beradaptasi.

Setengah dari semua anak berusia 9-12 tahun di AS menggunakan Roblox setidaknya sekali seminggu, menurut perusahaan riset media Dubit, di mana mereka melakukan segalanya mulai dari bergaul dengan teman, aktif bermain game, atau bahkan menonton konser.

Penonton bisa sangat besar untuk konser dan acara besar ini, dengan 33 juta orang menonton rapper Lil Nas X tampil di Roblox pada tahun 2020 – lebih dari tiga kali lipat jumlah yang menontonnya di TV di Grammy minggu ini.

Frederic Cavazza, co-founder of Sysk, a French firm specialising in digital transformation, said young people have evolved from passive spectators of television, to active players in interactive mediums
Frederic Cavazza, salah satu pendiri Sysk, sebuah perusahaan Prancis yang berspesialisasi dalam transformasi digital, mengatakan kaum muda telah berevolusi dari penonton pasif televisi, menjadi pemain aktif dalam media interaktif.
'They've turned away from screens to smartphones,' Cavazza explained, adding 'TV channels are going to die with their audiences,' unless networks adapt
‘Mereka telah beralih dari layar ke smartphone,’ Cavazza menjelaskan, menambahkan ‘saluran TV akan mati dengan pemirsa mereka,’ kecuali jaringan beradaptasi

Matthew Warneford, salah satu pendiri Dubit, sebuah perusahaan yang memproduksi game untuk platform metaverse, mengatakan penyiar harus memilih apakah mereka bertahan dengan pasar yang menyusut untuk program TV tradisional, atau mulai membawa karakter dan merek mereka ke platform metaverse.

“Ini berarti membawa orang ke dunia, menjadikan mereka bagian dari cerita, bermain bersama teman-teman mereka – cara yang sama seperti perusahaan Disneyland memungkinkan Anda dan teman Anda berada di dunia mereka bersama Mickey Mouse misalnya.”

Sementara metaverse masih relatif baru, meskipun kehadirannya berkembang, perusahaan TV masih punya waktu untuk beradaptasi, dan perpustakaan besar merek terkenal.

Namun, mereka akan menghadapi tantangan besar yang melayani orang tua yang terikat dalam siaran tradisional pasif, serta orang muda yang ingin berinteraksi.

“Jika kita ingin tetap relevan, kita harus memposisikan diri di semua penggunaan ini,” kata Kati Bremme, kepala inovasi untuk France Televisions, penyiar nasional Prancis.

France Televisions masih dalam mode penelitian dan pengembangan, termasuk mempermainkan gagasan augmented reality dan virtual reality seputar pengalaman olahraga.

Tantangan terbesar, bagaimanapun, mungkin finansial, karena membuat platform interaktif bisa menjadi bisnis yang mahal, terutama jika tujuannya adalah untuk mengganggu pemain yang sudah ada.

Hingga saat ini, perusahaan TV telah diisolasi dari gangguan teknologi karena pendapatan iklan mereka sebagian besar tidak terpengaruh, tidak seperti surat kabar dan majalah.

Itu bisa berubah “lebih cepat dari yang disadari orang,” kata Warneford, karena merek akan dapat menggunakan metaverse untuk mempromosikan diri mereka sendiri secara langsung, ini juga terlihat di video TikTok.

Sebelumnya sulit untuk memindahkan iklan TV ke dunia game karena dibuat oleh masing-masing perusahaan “yang menguncinya dan menangkap semua nilainya,” katanya.

Tetapi dengan bidang metaverse yang lebih terbuka, merek akan memiliki lebih banyak ruang untuk mempromosikan diri mereka sendiri dan menjual barang secara langsung kepada pengguna.

Memang, label mode dan mewah sudah menghasilkan jutaan dengan menjual pakaian dan aksesori virtual di Roblox, Fortnite, dan platform lainnya.

“Jika mereka ingin menjangkau kaum muda, apakah perusahaan tetap pergi ke media TV atau mereka pergi ke tempat kaum muda sebenarnya berada dalam permainan dan metaverse?”

Secara tradisional, orang di bawah 35 tahun dipandang sebagai pasar terbesar untuk jenis merek ini, sering kali memiliki lebih banyak pendapatan yang dapat dibelanjakan, jadi jika mereka tidak menonton TV, merek cenderung memindahkan pengeluaran iklan ke platform yang mereka gunakan.